Tata Surya

Standard

       Gambar

Galaksi terdiri atas berjuta-juta bintang dalam segala jenis, bentuk, dan ukuran. Salah satu diantara jutaan bintang tersebut adalah matahari yang mempunyai sejumlah anggota dan membentuk suatu susunan yang disebut tata surya. Jadi sebuah tata surya terdiri atas matahari dan semua benda angkasa yang beredar di sekelilingnya. Matahari dikelilingi oleh delapan planet, satelit, komet, meteorid, dan asteroid.

Gambar

A. Matahari

Matahari merupakan bola gas yang sangat panas dan menghasilkan cahaya. matahari berusia kira-kira 5 milyar tahun. Massa nya adalah M_{bigodot}=1.9891times10^{30}hbox{ kg}, lebih dari 99% masa total tata surya; dan kira-kira 330.000 kali massa bumi. Diameternya sekitar 1.400.000 km atau lenih dari 100 kali diameter bumi. Gravitasi matahari kira-kira 27 kali gravitasi bumi.

– Bagian-bagian matahari :

a. Fotosfer, bagian dari tepi cakram matahari yang dapat dilihat, memiliki temperatur sekitar 6000°C.

b. Limb, bagian tepi dari cakram matahari.

c. Granulasi, bagian permukaan yang lebih panas yang  muncul dari bagian dalam matahari. Sebuah granula berukuran 300-1.300 km dari tepi ke tepi, dan bertahan sampai 10 menit.

d. Kormosfer, atmosfer bagian dalam dari matahari, merupakan sebuah lapisan hidrogen yang lebarnya sekitar 8000 km, terletak diantara fotosfewr dan korona.

e. Korona, lapisan luar atmosfer matahari terdiri atas partikel-partikel subatomis.

f. Angin matahari, suatu aliran partilkel-partikel subatomis bergerak kedalam ruang angkasa dengan kecepatan 350 hingga 800 km/detik merupakan perluasan bagian korona. Aliran angin matahari telah terdeteksi hingga bagian luar planet saturnus.

g. Prominesa, merupakan awan-awan hidrogen yang sangat besar dengan tinggi kira-kira 200.000 km. Awan-awan ini dapat meledak dalam waktu singkat atau diam tenang selama berbulan-bulan.

h. Flare, merupakan gangguan pada baigan bawah korona yang terilhat sebagai kilatan-kilatan cahaya yang cemerlang.

i. Spikula, merupakan kelompok-kelompok pancaran hidrogen, dengan ketinggian 8000/10.000 km. Spikula berasal dari kromosfer, setiap spikula dapat bertahan sampai 15 menit.

B. Planet-Planet

a. MerkuriusGambar

Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya kita dan paling dekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari adalah sekitar 57,9 juta kilometer. Suhu di planet ini sangat panas karena terdekat dengan matahari, pada siang hari suhunya mencapai sekitar 430°C. Tetapi pada malam hari suhunya menjadi sangat dingin yakni mencapai sekitar -170°C. Jarak planet ini dengan bumi sekitar 92 juta kilometer. Merkurius berotasi lambat, rotasi merkurius adalah 59,0 hari. Selain berputar pada porosnya semua planet bergerak mengelilingi matahari ini disebut gerakan orbital/Ber-revolusi. Berbeda dengan rotasinya yang lambat, masa orbital Merkurius tergolong cepat Revolusi merkurius adalah 88,0 hari.

Merkurius punya banyak kawah dan tidak mempunyai satelit alam serta atmosfir. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. Massa Merkurius paling kecil diantara planet-planet anggota tata surya yaitu 0.06 kali massa bumi. Peristiwa menyebrang nya planet terhadap matahari disebut transit. Apabila planet berada dibalik bayangan matahari berarti sedang beroposisi, dan bila di depan matahari berarti planet itu sedang berkonjungsi.

Merkurius merupakan planet yg tandus. Permukaanya berbatu-batu dan terdapat banyak kawah. Kaloris merupakan kawah terbesar di planet ini. Garis tengah Kaloris sekitar 1.300 Km.

Atmosfer merkurius terdiri dari uap natrium dan kalium yg sangat tipis, sehingga kadang-kadang planet ini di anggap tidak mempunyai atmosfer. Akibatnya tidak ada udara yg menyerap panas matahari.

b. VenusGambar

Planet yang paling dekat dengan bumi dan kedua terdekat dengan matahari adalah Venus, dengan jarak 0,72 AU atau kira-kira 180 juta km, diselubungi atmosfer yang sangat tebal terdiri atas gas karbondioksida dan sulfat, sehingga pada siang hari suhunya dapat mencapai 477 °C sedangkan pada malam hari suhunya tetap tinggi karena panas yang diterima tertahan oleh atmosfer. Diameter planet venus sekitar 12.140 km, periode rotasinya sekitar 244 hari dengan arah sesuai jarum jam, dan periode revolusi sekitar 225 hari.

Di Venus, matahari terbut di sebelah barat dan terbenam di sebelah timur. Venus tidak mempunyai satelit dan cincin. Planet venus ditemukan pertama kali oleh seorang jenius Russia bernama Mikhail Lomonosov.

c. Bumi Gambar

Bumi merupakan planet yang berada pada urutan ketiga dari matahari. Jarak rata-rata nya ke matahari sekitar 150 juta km, periode revolusinya sekitar 365,25 hari, dan periode rotasinya sekitar 23 jam 56 menit dengan arah barat-timur. Planet bumi menmpunyai satu satelia alam yaitu bulan. Diameter bumi sekitar 12.756 km hampir sama dengan planet venus.

c. Marshst_mars_opp_9709a

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari nama Dewa Yunani kuno untuk perang. Namun planet ini juga dikenal sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan. Planet ini memiliki 2 buah satelit, yaitu Phobos dan Deimos. Planet ini mengorbit selama 687 hari dalam mengelilingi matahari. Planet ini juga berotasi. Kala rotasinya 24,62 jam. Mars (1,5 SA) berukuran lebih keci dari bumi dan Venus (0,107 massa bumi). Planet ini memiliki atmosfer tipis yang kandungan utamanya adalah karbon dioksida.

Permukaan Mars yang dipenuhi gunung berapi raksasa seperti Olympus Mons dan lembah retakan seperti Valles marineris, menunjukan aktivitas geologis yang terus terjadi sampai baru belakangan ini.

Warna merahnya berasal dari warna karat tanahnya yang kaya besi. Mars mempunyai dua satelit alami kecil :

a. Phobos : ditemukan pada tanggal 7 Agustus 1887 oleh Asaph Hall; merupakan satelit mars yang terdekat dengan  jarak 9.370 km dan menyimpang dari ekuator mars sebesar 1 3/4 derajat.

b. Deimos, ditemukan oleh Asaph Hall tidak lama setelah Phobos. Jarak dari mars sejauh 23.500 km dan menyimpang dari ekuator mars sejauh 1 derajat.

Phobos dan Deimos adalah satelit alam Mars yang diduga merupakan asteroid yang terjebak gravitasi Mars.

d. Yupiterjupiter_Jupiter_Texture_1__

Jarak rata-rata antara Yupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Yupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter ekuatornya 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Volume Jupiter 1.319 kai volume Bumi.

Temperatur pada permukaan Yupiter adalah 150°C . Atmosfernyaterdiri atas gas hidrogen dan helium . Diatas permukaan nyaterdapat bintik besar merah dengan panjang 40.000 km dan lebar 4000 km yang merupakan sebuah badai yang berasal dari gas helium yang sudah mencair karena dingin.

Yupiter adalah salah satu dari empat raksasa gas, yaitu tidak terutama terdiri dari materi padat. Ini adalah planet terbesar di tata surya, memiliki diameter 142.984 km pada bagian khatulistiwa. Jupiter kerapatan, 1,326 g / cm ³, adalah tertinggi kedua dari planet gas raksasa, tetapi lebih rendah daripada salah satu dari empat planet terestrial.

Yupiter mempunyai 66 buah satelit atau bulan, termasuk diantara nya Io, Europa, Ganymede, Callisto, Amalthea, Himalia, Elara, Pasiphae, Sinope, Lysithea, Carme, Ananke, Leda, Thebe, Adrastea, dan Metis. Selain mempunyai 66 buah satelit, Yupiter juga mempunyai 4 cincin.

e. Saturnusopo9453a

Saturnus merupaka planet terbesar kedua setelah Jupiter, diameternya sekitar 120.200 km, periode rotasinya sekitar 10 jam 14 menit, dan revolusinya sekitar 29,5 tahun. Planet ini mempunyai 3 cincin tipis yang arahnya selalu sejajar denagn ekuator nya, yaitu cincin luar (diameternya 273.600 km), cincin tengah (diameter 152.000 km), dan cincin dalam (diameter 160.000 km). Antara cincin dalam dan permukaan saturnus dipisahkan oleh ruang kosong yang berjarak sekitar 11.265 km. planet saturnus mempunyai atmosfer sangat rapat terdiri atas hidrogen, helium, metana, dan amoniak. Planet saturnus mempunyai satelit alam sekitar 11 satelit diantaranya Titan, Rhea, Thetys, dan Dione.

f. Uranusuranus-small

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Planet ini ditemukan oleh ahli astronomi William Herscel.

Jarak rata-rata antara Uranus dan Matahari adalah sekitar 3 milyar km. Uranus memiliki massa 14,5 kali massa Bumi. Periode rotasi interior Uranus adalah 17 jam, 14 menit. Akan tetapi, seperti semua raksasa gas lainnya, atmosfer atasnya mengalami angin badai yang sangat kuat pada arah rotasi. Akibatnya, pada beberapa garis lintang, seperti dua per tiga lintang dari khatulistiwa ke kutub selatan, fitur-fitur atmosfer itu yang nampak bergerak jauh lebih cepat, menjadikan rotasi penuhnya sekecil 14 jam. Sedangkan periode revolusi adalah 84 tahun. Volume Uranus 63,08 kali volume Bumi.

Semua permukaan nya pernah menghadap ke matahari secara tegak lurus karena orbit kemiringan nya sebesar 98° terhadap ekuator. Temperatur di permukaan uranus adalah -210°C.

uranus adalah planet yang paling ringan diantara planet-planet raksasa, sementara itu kerapatannya 1,27 g/cm³ membuatnya planet paling tidak padat kedua setelah Saturnus. Meskipun bergaristengah sedikit lebih besar daripada Neptunus, Uranus memiliki diameter mencapai 51.118 km. Atmosfer Uranus terdiri dari sekitar 83 ± 3% Hidrogen, 15 ± 3% Helium, 2,3% Metana dan Hidrogen deuterida, Amonia, Air, Amonium hidrosulfida, Metana (CH4).

g. NeptunusNeptune Neptunus ditemukan pada tahun 1846 berkat kerja sama antara Urbain Le Verrier dengan John C. Adams. Neptunus memiliki jarak rata-rata dengan Matahari sebesar 4.450 juta km. Neptunus memiliki diameter mencapai 49.530 km dan memiliki massa 17,2 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 16,1 jam, sedangkan periode revolusi adalah 164,8 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet ini adalah besi dan unsur berat lainnya.

Planet Neptunus memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid dan Larissa. Atmosfer Neptunus terdiri dari 80±3,2% Hidrogen, 19±3,2% Helium, 1,5±0,5% Metana dan yang lainnya berupa es yang hampir sama dengan Uranus. Warna biru Neptunus sebagian besar merupakan hasil dari menyerap cahaya merah dari metana di atmosferTetapi ada juga beberapa komponen yang tak dikenal, yang memberikan warna biru awan.

B. KometKomet

Komet adalah benda langit yang diliputi oleh kabut tipis panjang dan menyerupai ekor. Komet sering disebut bintang berekor atau lintang kemukus. Banyak ahli berpendapat bahwa komet adalah serpihan-serpihan dari tata surya yang terbentuk 4,6 milyar tahun lalu. Diperkirakan ada lebih dari 1000 buah komet yang melintas dekat matahari dalam setiap abad.

Komet yang paling terkenal adalah komet halley, kemunculan komet ini pertama kali diramalkan oleh Edmond Halley pada tahun 1705., komet ini  melintas dekat matahari setiap 76 tahun sekali. Contoh lain nya adalah Komet Encke yang beredar setiap 3,3 tahun sekali dan komet Kohoutek yang beredar setiap 2000 tahun sekali.

Bagian-bagian komet :

– Nukleus/IntiBagian-bagian komet

merupakan pusat yang sangat terang pada kepala komet. Inti tersebut dapat mencapai diameter 100 hingga 10.000 meter. Ahli astronomis beranggapan bahwa nukleus komet berupa “bola salju kotor” yang terdiri atas debu, fragmen-fragmen batuan, merana beku, amonia beku, karbondioksida beku, dan bentuk-bentuk es lain nya.

– Koma

Merupakan gas dan debu yang terlihat di sekeliling nukleus. Terbentuk bila radiasi matahari melelehkan bagian ini. Diameter koma bisa mencapai 2 juta km, dan terlihat bila komet mendekati matahari.

C. Meteorid

Meteorid adalah fragmen/potongan materi yang mengorbit mengitari matahari. Meteorid-meteorid yang memasuki atmosfer bumi akan menyala karena gesekan udara dan menjadi meteor. Meteorid yang terus jatuh menembus atmosfer dan mendarat di permukaan bumi disebut meteorit.

Terdapat sekitar 75 jutameteoryang memasuki atmosfer setiap harinya, bergerak dengan kecepatan 35/39 km/detik. sebuah meteor rata-rata membutuhkan waktu 1 detik untuk terbakar seluruhnya.

Meteorit terkecil yang pernah ditemukan adalah meteorit Ras Tanura, yang jatuh di Arab Saudi pada tahun 1961, dengan berat 6 gram. Sedangkan meteorit yang terbesar pernh ditemukan adalah meteorit Hoba West, yang jatuh di Grootfontien, Afrika Barat Daya pada zaman prasejarah, dengan berat sekitar 60.000 kg.

Meteorit Terbesar Hoba West.4897081

C. Asteroid

Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteorid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan komet dari penampakan visualnya. komet menampakkan koma (“ekor”) sementara asteroid tidak.Asteroid_Field

a. Alur utama Asteroid

Kebanyakan planet kecil ditemukan di derah alur utama asteroid, yang terletak antara alur orbit planer Mars dan Yupiter, kira-kira 2,2 – 3,3 AU jauhnya dan matahari. 1 AU (Astronomical Unit) atau satuan astronomis sama dengan 150.000.000 km. Diperkirakan bahwa jumlah asteroid yang terdapat dalam alur ini sebanyak 40.000-50.000 buah. hampir 3.000 asteroid dari jumlah tersebut telah ditentukan alur orbitnya.

b. Asteroid-asteroid dengan orbit terdekat ke matahari

terdapat 3 jenis asteroid yang mengorbit paling dekat ke matahari, dibandingkan asteroid-asteroid pada jalur utama. Diperkirakan bahwa asteroid-asteroid yang mengorbit dekat ke matahari ada lebih dari 1000 buah, dengan diameter antara 0.5-35 km. jenis-jenis asteroid antara lain sbb :

– Jenis apollo, alur orbit nya berpotongan dengan alurorbit bumi.

– Jenis amor, alur orbitnya tidak berpotongan dengan alur orbit bumi.

– Jenis aten, alur orbitnya biasanya terletak di dalam alur orbit bumi.

D. Satelit

Satelit adalah benda yang mengelilingi planet yang memiliki orbit peredaran sendiri. Satelit bersama planet yang dikelilinginya secara bersama-sama mengelilingi bintang.2

Terdapat dua jenis satelit yaitu satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa alami (bukan buatan manusia) yang mengorbit pada sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Salah satu contoh satelit alami yang dimiliki bumi adalah bulan. Sedangkan Satelit buatan adalah benda buatan manusia yang diluncurkan ke luar angkasa dan beredar mengelilingi planet. Salah satu contoh satelit buatan yang dimiliki Indonesia adalah Satelit Palapa. Satelit buatan memiliki berbagai macam kegunaan seperti untuk tujuan telekomunikasi, mata-mata (militer), penelitian, pengamatan bumi dan benda-benda luar angkasa, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa contoh satelit buatan:

  1. Satelit astronomi: satelit yang digunakan untuk mengamati planet, galaksi, dan benda luar angkasa lainnya.
  2. Satelit komunikasi: satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi.
  3. Satelit pengamat bumi:satelit yang dirancang khusus untuk mengamati bumi seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dan lain sebagainya.
  4. Satelit navigasi: satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima dipermukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan bumi seperti mengukur jarak antar bangunan.
  5. Satelit mata-mata: satelit pengamat bumi yang digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
  6. Satelit cuaca: satelit yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan iklim di bumi.

 

Sumber :

Wardiatmoko K, Drs, 2012, Geografi, Erlangga

Waluya Bagja, 2009, Geografi, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

http://indra-tatasurya.blogspot.com/2009/03/planet-merkurius.html

http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/1998462-penemuan-planet-venus/

http://id.wikipedia.org/wiki/Asteroid

http://maczcandraman.blogspot.com/2012/09/pengertian-satelit-dan-macam-macam.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s